17 Tahun Perdamaian Aceh – RI, Damai Jangan Setengah Hati

Oleh : Zulfikar
(Tokoh Pemerhati Publik)

KabarSejagat.com – Perdamaian aceh antara gerakan aceh merdeka dan pemerintah Republik indonesia sudah berumur 17 tahun, bukanlah waktu yang singkat. kesepakatan antara kedua belah pihak yang tertuang dalam mou helsinky menjadi ├╣ndang undang pemerintah aceh sehingga dijadikan acuan dalam merajut keharmonisan dalam membangun aceh yang lebih baik untuk masa depan.

Tentu tidaklah mudah dalam menyatukan visi dan misi tersebut, berbagai kendala kerap dihadapi dilapangan dan tidak semua poin yang sudah disepakatipun berjalan mulus seperti yang sudah tertulis dalam butir butir kesepahaman antara kedua belah pihak.

Pemilihan umum berjalan dengan keberadaan beberapa partai politik lokal di aceh, peran partai politik lokal khususnya partai aceh sangat diharapkan menjadi penyeimbang dan pelopor pembangunan melalui perwakilan yang sudah dipilih dan terpilih oleh masyarakat aceh dengan mengedepankan kearifan lokal meskipun sayang belum mampu menjawab semua tantangan zaman secara keseluruhan.

Apa salah dan dosa kita semua, Tujuh belas tahun sudah perdamaian masih menyisakan berbagai persoalan dilapangan , apa karena pemahaman yang kurangkah sehingga bekerja setengah hati dan terkesan setengah jadi. yang sudah dituangkan belum bisa dihidangkan secara utuh kepada masyarakat aceh khususnya dan rakyat indonesia pada umumnya.

Masyarakat berharap agar para pengabdi turut memahami dengan baik dan benar tujuan dari kesepahaman dalam perdamaian itu sendiri, pada tingkatan lokal maupun nasional tentang apa yang sudah disepakati supaya nantinya tidak terjadi mis komunikasi dan lost identity.

Agar Darah, keringat dan air mata kedua belah pihak sebelum damai kiranya jangan lah dilupakan, hendak nya para pemangku kebijakan negeri membawa renungan diri karena musim akan berganti dan waktu akan terus berjalan, jangan karena sedikit pundi untuk pribadi mengancurkan seluruh negeri mari kita tinggalkan kenangan yang indah untuk generasi sekarang dan nanti.

BACA JUGA :  Terkesan Pilih Kasih, Yara Aceh Utara Mendesak PJ. Bupati Evaluasi Baitul Mal

Perdamaian yang sudah terajut kiranya akan terus berjalan sebagaimana mestinya.doa kami rakyat aceh dan kita semua terhadap para pejuang yang menjadi korban dan telah mendahului semoga diterima dan ditempatkan disisi ALLAH SWT dan untuk para keluarga yang ditinggalkan selalu tabah serta mendapat perhatian sepenuh hati dari pemerintah dinegeri tercinta ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *